Raker Dewan Pengurus Stasi St. Theodorus Sukawarna

Segenap pengurus Stasi St Theodorus berkumpul bersama saat Raker

Segenap pengurus Stasi St Theodorus berkumpul bersama saat Raker

Diawali dengan ibadat (Sabtu, 14/01), para pengurus Dewan Pastoral Stasi, Ketua Wilayah dan Ketua Lingkungan bersiap mengadakan Raker. Kemudian beberapa sambutan untuk memberikan gambaran tentang apa yang akan direncanakan, maka Raker pun dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB.

Dalam sambutan yang pertama Bpk. Heri selaku Ketua DPS memberi latar belakang tentang kegiatan yang sudah berjalan pada periode yang lalu. Dalam evaluasi kegiatan disampaikan bahwa ada beberapa program kegiatan yang sudah berjalan tetapi ada pula program yang tertunda di samping program-program rutin (Paskah, Ultah Stasi dan Kemerdekaan RI, serta Natal). Demikian pula Ketua DPP, Bpk. Budiman pun, memberi sambutan yang berisi himbauan yang mengharapkan agar rencana kerja dapat selaras dan berkesinambungan dengan program kerja yang telah disusun oleh Dewan Pastoral Paroki (DPP) S. P Maria Sapta Kedukaan.

Adapun rencana kerja diharapkan sesuai dengan tema tahun liturgi 2012 yaitu EKARISTI: PERAYAAN KITA, PERAYAAN SEMESTA. Pastor Warhadi sebagai narasumber menyampaikan agar Gereja sebagai persekutuan universal diharapkan mau dan mempunyai ketaatan serta bersedia untuk mengikuti arahan dari pimpinan Gereja dalam penyusun program-program kerja.

Berkaitan dengan tema tahun liturgi tentu ada alasan-alasan yang sangat kuat mengapa Ekaristi dijadikan tema sentral. Ekaristi adalah sarana kedekatan kita pada Sang Pencipta, tetapi masih pula terjadi polemik sebagai dinamika dalam memahami keberadaaan Sakramen Ekaristi dan segala sesuatu yang tercakup di dalamnya, terutama dalam penghayatan akan pentingnya sakramen tersebut yang kemudian mengarah pada anugerah kesempurnaan, kedekatan manusia kepada Penciptanya. Diharapkan pula kematangan spiritualitas dalam setiap pribadi mengalami peningkatan walaupun sangat disadari proses setiap pribadi akan sangat berbeda. Diharapkan pula dalam Raker ini, didapatkan gambaran tentang arahan program kerja yang membuat umat merasa dilayani dan setiap seksi siap untuk melayani. Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangan maka mari kita “ber-Raker”, demikian Pastor Warhadi menutup sambutannya.

Kemudian diskusi mengenai program kerja pun berjalan didampingi oleh Bpk. Santosa Sembiring sebagai moderator serta  Bpk. Hasan yang membantu memberikan pengarahan. Bpk. Hasan memberikan acuan agar program mengarah pada merayakan Ekaristi dengan hidup dan hikmat, mengupayakan keluarga sejahtera, membangun persaudaraan sejati dengan sesama umat dan masyarakat serta peduli terhadap yang berkekurangan.

Maka kemudian yang hadir dalam tiap kelompok mencetuskan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan arahan yang telah ditentukan diantaranya: Sie PSE akan mengadakan Baksos dan ceramah kesehatan disamping program rutin yang telah berjalan, Sie. Pewarta dan Kitab Suci akan mencoba membuat kegiatan yang berkaitan dengan tema tahun liturgi yaitu Lomba membaca Kitab Suci dan pendalam tentang makna Sakramen Ekaristi.
Ada sebuah program yang walaupun tidak secara langsung berkaitan dengan tema akan dicoba untuk diwujudkan yaitu pelatihan pemulasaraan jenazah yang akan dikoordinir oleh Sie. Keluarga dan PSE, sedangkan Sie. Liturgi merencanakan untuk meningkatkan pelayanan para petugas liturgi dalam setiap perayaan Ekaristi, serta masih banyak program lain yang diusulkan para peserta raker yang kemudian akan diolah oleh panitia kecil sehingga dapat dipilih program-program yang mendesak, penting  dan memungkinkan untuk dilaksanakan serta sesuai dengan tema tahun liturgi.
Semoga hasil raker dapat sesuai dengan visi dan misi Keuskupan Bandung yaitu menjadi warga Gereja yang mengakar, mekar, dan berbuah. Selamat berjuang.(Wiwit)

Pengurus Stasi St Theodorus sedang merembukkan program kerja Stasi untuk tiga tahun mendatang

Pengurus Stasi St Theodorus sedang merembukkan program kerja Stasi untuk tiga tahun mendatang

Ramah  tamah di samping gereja saat break rapat  kerja stasi St Theodorus

Ramah tamah di samping gereja saat break rapat kerja stasi St Theodorus