Profile: Pastor Dr. Paulus Yoyo Yohakim, OSC

Pst Yoyo, Pastor Dr. Paulus Yoyo Yohakim, OSC

Pst Yoyo, Pastor Dr. Paulus Yoyo Yohakim, OSC

Pastor yang mimik wajahnya serius dengan kumis melintang ini namanya adalah Pastor Dr. Paulus Yoyo Yohakim, OSC. Sudah sejak 14 Juni 2012 Pastor Yoyo, demikian ia akrab disapa, tinggal di biara Pandu. Pastor Yoyo adalah putera asli dari Cigugur- Kuningan. Ia lahir pada tanggal 17 Agustus 1967. Jadi Pastor Yoyo pas merayakan ulang tahunnya yang pertama di Pandu bersamaan dengan HUT RI yang ke 67.

Siang hari itu sudah ada beberapa konfrater dan umat yang datang ke biara untuk menyampaikan ucapan selamat kepadanya. Di ruang tamu biara, tamu-tamu yang hadir bersatu dalam doa untuk kesehatan dan pelayanan Pastor Yoyo. Seminggu sebelumnya memang Pastor Yoyo sempat diopname karena kesehatannya sedikit terganggu. Namun pada hari itu, ia sudah tampak ceria dan bugar kembali.

Masa SD hingga SMP ia jalani di Cigugur. Kemudian ia masuk Seminari Menengah Cadas Hikmat sambil bersekolah di St Maria. Lulus pada tahun 1987, ia memutuskan untuk masuk biara OSC.  Sesaat setelah kaul pertama pada tahun 1989, ia sempat memikirkan keseriusannya dalam memilih menjadi palayan Tuhan. Namun secara pasti langkahnya berlanjut hingga kaul kekal pada tahun 1992. Sejurus kemudian pada tahun 1994 ia menyelesaikan studi S1 nya ( Teologi & Filsafat )di Unpar. Masa TOP( Tahun Orientasi Pastoral) ia habiskan di Paroki St Odillia- Cicadas Bandung hingga 1994. Akhirnya tahbisan imam ia terima dari Mgr (alm) Alexander Joyosiswoyo pada tanggal 13 Des 1995 di Cigugur.

Karya pastoralnya yang pertama adalah menjadi pastor pembantu di St Odillia hingga 1997. Kemudian pada tahun 1998 hingga 2000, ia ditugaskan sebagai pastor pembantu di Karawang & Purwakarta yang dilanjutkan kemudian hingga 2004  sebagai pastor paroki.

Pada tahun 1999, ia sempat mengikuti kursus Pembangunan Jemaat di Pusat pastoral Yogyakarta selama tiga bulan. Pada tahun 2004, provinsial menugaskan ia untuk studi S2 di St Thomas, Manila University, Filipina. Kali ini bidang studi yang sudah lama ia minati adalah Psikologi.

Kemudian putera ke dua dari enam bersaudara ini lulus pada tahun 2008 dengan konsentrasi pada studi Psikologi klinis. Ia menunjukkan minat dan usahanya yang besar di bidang ini, sehingga ia mendapatkan kesempatan selanjutnya untuk meneruskan ke jenjang S3. Sambil menyelesaikan studinya, pastor Yoyo bekerja sebagai konselor pendidikan di salah satu sekolah disana dan pastor pembantu di Greenbelt – Manila. Selain itu dalam masa parktek doktoralnya, ia juga bekerja di RSJ selama satu tahun.

Saat ini, pastor Yoyo menjadi koordinator BK ( Bimbingan & Konseling) di sekolah Talenta, sambil menunggu penugasan selanjutnya. “ Hobby saya hanya membaca sambil banyak menghabiskan waktu dengan hobby saya itu di kamar”, aku nya dengan ramah.

Ia sedang beradaptasi dengan cuaca yang dingin di Bandung. Namun ia mengakui bahwa ia senang tinggal di Pandu, karena komunitasnya saling mendukung dalam suasana yang akrab, seperti makan dan doa bersama setiap pagi dan malam hari. Selain itu ia melihat umat Pandu sangat aktif ikut dalam berbagai kegiatan di gereja. “ Perhatian dan pembenahan terhadap liturgy adalah langkah yang baik dan perlu dikembangkan, agar menjadi daya tarik bukan bagi umat paroki Pandu saja!”, ujarnya sengan semangat.

Acara ultah siang hari itu diramaikan dengan nyanyian ulang tahun dan acara makan siang bersama. Selamat Ulang Tahun Pastor Yoyo!!! ( Rosiany T Chandra)

Pastor Yoyo di hari Ultahnya

Pastor Yoyo di hari Ultahnya

Doa bagi Pst Yoyo di hari ulang tahunnya 17 Agustus 2012

Doa bagi Pst Yoyo di hari ulang tahunnya 17 Agustus 2012