Mencintai Kitab Suci Sejak Dini

Anak anak menempel penggalan ayat kitab suci

Anak anak menempel penggalan ayat kitab suci

Dalam menyambut bulan Kitab Suci Nasional 2012 serta melaksanakan himbauan dari pastor Moderator Stasi St. Theodorus Sukawarna, Pst. T. Warhadi Hs, OSC maka diadakan sejumlah kegiatan di hari Minggu, 25 September 2012. Tujuan utamanya adalah untuk  mendekatkan warga gereja umat Allah kepada kecintaan terhadap Kitab Suci.

Dalam sambutannya, Pst. T. Warhadi Hs OSC menyampaikan bahwa menjadi pemenang dalam lomba lektor bukan segala-galanya tetapi lebih daripada itu semangat untuk melayani adalah hal yang harus dipupuk, bahkan kita perlu berbesar hati bahwa ternyata banyak peserta lomba yang mendaftarkan diri dan kemudian diharapkan menjadi petugas Lektor. Bapak Hery sebagai ketua Dewan Pengurus Stasi pun mengucapkan selamat berlomba.

Tim Juri dalam acara ini adalah  Ibu Nanuk, Fr. Aryo, OSC, dan Fr. Heins, OSC dari Sultan Agung. Ibu Nanuk menyampaikan bahwa penjurian meliputi beberapa hal diantaranya cara membaca Kitab Suci, berpenampilan sopan, artikulasi, intonasi, teknis penggunaan mike, interaksi dengan umat saat awal hingga akhir .

Peserta Lomba Baca Kitab Suci berasal dari lingkungan di wilayah Stasi dengan tujuan mendapatkan “kader” Lektor yang siap melayani. Dari 19 peserta yang ikut berlomba didapatkan tiga orang pemenang, yaitu Juara I Elisa Suryani (Lingkungan Cibogo), Juara II Devina (Lingkungan Resumi) Juara III Jean Dianasari (Lingkungan Cimindi Raya).

Peserta yang belum mendapatkan nilai tertinggi pun banyak yang sudah mampu membaca dengan baik sehingga siap dipupuk agar tumbuh dan berbuah menjadi pelayan liturgi, khususnya menjadi Lektor yang handal.

BIA Stasi pun turut berpartisipasi dengan mengadakan beberapa lomba yang dibagi menjadi tiga kategori,  yaitu usia 3 – 5 tahun, usia 6 tahun dan usia 7-8 tahun.

Peserta Lomba Kitab Suci serius mengerjakan soal soal

Peserta Lomba Kitab Suci serius mengerjakan soal soal

Kategori I ( pra TK-TK) lomba “Menghias KS” di mana peserta menempelkan potongan kertas yang berisi nama-nama Injil dan ayat emas di atas karton. Kategori ini diikuti 8 anak – dan juara ke-1 adalah Atrisa dan juara ke-2 adalah Xylabelle .

Kategori II (kls 1 SD) adalah lomba menyusun puzzle bernuansa Kitab Suci dengan tingkatan yang lebih sulit.   Jumlah peserta adalah 4 anak, dan juara ke-1 : Amelinda dan Tamara juara ke-2.

Kategori terakhir, persertanya adalah anak kelas 2 – 3 SD, diikuti oleh 5 orang anak dan lombanya adalah “Melengkapi Ayat” yaitu mengisi bagian yang kosong dari setiap ayat sehingga menjadi sebuah kutipan. Dalam lomba ini peserta boleh membuka KS dan pemenangnya ditentukan dari kecepatan, ketepatan dan ketelitian. Pemenang untuk kategori ini adalah Sean juara ke-1 dan Mario  juara 2.

Tujuan dari lomba ini adalah agar anak senang dan lebih mengenal KS sedikit demi sedikit, walaupun sederhana namun anak-anak mampu mengerjakan dengan baik dan tekun.

Kegiatan ini berjalan lancar berkat kerjasama Ibu C.Sukistini selaku  Sie. Kitab Suci, dan  Bapak J.B. Hermanu dari Sie Liturgi bersama teamnya, Ibu Santi juga sdri Dita selaku penanggungjawab BIA dan pihak-pihak lain yang telah membantu demi lancarnya kegiatan ini. Termasuk para ketua lingkungan yang berjuang mencari peserta lomba untuk mewakili lingkungan masing-masing; dan  yang tidak kalah pentingnya adalah doa dan restu dari Pastor Moderator.

Semoga bibit yang baik kelak sungguh berbuah di ladang gereja Stasi St. Theodorus yang kita cintai. Amin. (Disarikan dari Sie KS dan BIA Stasi)

Tags: