Oleh-Oleh Rekoleksi WKRI Pandu

Pada tanggal 15 Oktober 2013, WKRI cabang Pandu mengadakan Rekoleksi, dengan Tema “Pelayanan Panggilan dan Pilihan” yang dibawakan oleh Pst Eko Wahyu, OSC. Rekoleksi dimulai pukul 08.25 dan berakhir pukul 12.00. Peserta Rekoleksi bukan hanya dari ibu-ibu WK Pandu, juga ibu-ibu WK dari Ranting Sukawarna serta anggota koor WKRI. Acara dibuka dengan pujian dan doa oleh Pst Eko.

Rekoleksi ini terdiri dari 2 sesi.

Sesi I : Ibu-ibu dipanggil dan dipilih Tuhan untuk saling melayani dan bertanggung jawab dalam pelayanan Gereja. Dalam Roma 12 : 11 – 12 dikatakan janganlah kerajinanmu kendor, biarlah Rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. Yang artinya : para ibu-ibu WKRI tidak boleh malas dan mudah dipengaruhi selera dari kedagingan, kita butuh Roh, kekuatan dari Allah yang memotivasi kita, agar punya kemampuan untuk mencapai tujuan dengan sukarela dan sukacita. Hard Skill (kemampuan) kita harus ditingkatkan. Orang termotivasi karena mempunyai harapan, mimpi dan cita-cita. Hope = Reality dan Possibility; seperti dalam Amsal 23 : 18 “Karena masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang”.

Motivasi adalah daya dorong yang membuat orang mempunyai keinginan untuk mencapai tujuan dengan sukarela dan sukacita. Organisasi mendalami iman bersama. Kita adalah wanita Khatolik yang dipanggil dan tergerak untuk melayani, bukan semata-mata untuk membaktikan diri, karena saya telah mengalami pertolongan dari orang.

Ada 2 pelayanan :

  • Pelayanan sosial yaitu pelayanan sukarela tapi membaktikan diri
  • Pelayanan Gereja yaitu pelayanan sukarela penuh sukacita dan semangat

Gereja bagai tubuh Kristus yang anggotanya banyak dan beragam fungsi, demikian dengan wanita Katolik harus membawa anggotanya lebih akrab dengan Kristus, penting spriritualistis dengan Yesus yaitu mendengarkan firman Tuhan, baca Kitab Suci.

Sesi II: Pelayanan muncul dari pengalaman , karena Tuhan pernah mencintai saya. Keluarga sebagai tombak keberadaan dan keberartian hidup wanita. Dasarnya : mengakar, mekar, berbuah.

Demikianlah oleh-oleh dari Rekoleksi WKRI yang berakhir pukul 12.00 dan ditutup dengan doa dan berkat dari Tuhan lewat Pst. Eko Wahyu, OSC. Setelah itu kami semua bersatu dengan gembira dalam ramah tamah.

(Ibu Christine, WK / Lektor)