Stasi Caritas Wyataguna

PAROKI SANTA PERAWAN MARIA SAPTA KEDUKAAN BANDUNG

Stasi Caritas Wyataguna merupakan salah satu stasi dari dua stasi yang dimiliki oleh Paroki Pandu disamping Stasi St. Theodorus Sukawarna.

Gereja Caritas, PSBN Wiyata Guna

Stasi Caritas Wyataguna

Stasi Caritas Wyataguna, terletak di Jl. Pajajaran No. 52 Bandung tepatnya di komplek PSBN (Panti Sosial Bina Netra) milik Dept. Sosial RI. Di dalam komplek ini terdapat gedung kantor depsos, asrama putra dan putri siswa2 tunanetra, sekolah, panti dan Gereja Caritas.

Gereja Caritas inilah yang dipergunakan untuk kegiatan stasi Caritas. Gereja ini dibangun pada tahun 1977 hasil kerjasama antara pemerintah RI dan Jerman dan merupakan gereja oikumene, dimana beberapa denominasi Gereja Kristen dan Gereja Katolik bersama-sama mempergunakan gedung gereja ini sesuai dengan jadwal yang telah diatur oleh pengurus gereja Caritas. Gereja Katolik mempergunakan gereja Caritas pada hari Minggu jam 07.00 – 08.30 untuk kegiatan Misa Kudus dan haris Kamis jam 18.00 – 19.00 untuk acara pendalaman iman PPIKTN (Pemuda Pendalaman Iman Katolik Tuna Netra).

Stasi Caritas didukung oleh lima lingkungan :

  • Ling. Cicendo/Gg. Polisi (minggu I),
  • Ling. St. Yosep/Moh. Yunus (minggu II)
  • Ling. Rajiman Bawah (minggu III)
  • Ling. Kebon Kawung (minggu IV)
  • Ling. Linggawastu (minggu V)

Lingkungan-lingkungan tersebut secara bergantian bertugas pada setiap misa kudus pada hari Minggu.

Pemuda Pendalaman Iman Katolik Tuna Netra (PPIKTN)

Di Stasi Caritas inilah komunitas PPIKTN Wyataguna lahir, tepatnya pada tanggal 24 Mei 1994 dengan dimotori oleh V.S Savitri, Anton, Putre, dan Daniel T.S.Komunitas yang memilih Malaikat Rafael(yang membantu kesembuhan kebutaan Tobit) sebagai pelindung ini merupakan bagian dari Wyataguna dimana para tuna netra dididik dalam satu visi dan misi yang sama .

Visinya adalah: “Untuk meningkatkan keimanan muda-mudi tuna netra dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan melibatkan diri secara langsung dalam sebuah ikatan organisasi kerohanian”.Sedangkan misinya adalah: Muda-mudi Tuna Netra Wyataguna dapat memberikan pelayanan-pelayanan baik kegiatan yang berada di lingkungan wyataguna maupun di luar atau dapat juga di gereja/Paroki lain/stasi.

Tujuan:

  1. Atas dasar kebutuhan pengembangan iman Katolik, muda mudi tuna netra yang berada di lingkungan wyataguna
  2. Kebutuhan pelayanan kita kepada teman-teman di wyataguna atau yang berada di lingkungan sekitar wyataguna

Kegiatan:

1.Rutin (setiap hari Kamis pukul 18.00 sd selesai) bertempat di Gereja Caritas:

  • Sharing Kitab Suci
  • Ibadat Sabda
  • Ibadat Rosario

2.Kegiatan Tahunan:

  • Perayaan Paskah bersama
  • Perayaan Natal bersama
  • Ziarah
  • Seminar/Workshop

3.Kegiatan lain:

  • Pelayanan liturgi (mengisi koor di paroki dan stasi)

Ada dua Presiidum/Legio yang  setia mendampingi dalam kegiatan yang diadakan PPIKTN yaitu Legio Bunda Kerahiman (BK) dan Bunda Berbelas Kasih (BBK). B

Struktur Organisasi

Pelindung                   : Pst. Agustinus Sudarno, OSC

Ketua                          : Yohanes Hono (John)

Sekretaris                   : Maria Diana

Bendahara                  : Lenny Fransiska

Keanggotaan

Komunitas PPIKTN memiliki 21 anggota yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dari mulai Timor Leste, NTT, Jakarta, Lampung s.d. Medan serta dari berbagai profesi: siswa, mahasiswa, karyawan dll

Sekretariat :

PEMUDA PENDALAMAN IMAN KATOLIK TUNA NETRA WYATAGUNA

GEREJA CARITAS – WYATAGUNA

Jl. Pajajaran No. 52 Bandung 40172

Tilp. 0813.3803.3446 (John)

22.1646.9750 (Diana)

Bagi rekan-rekan lainnya baik pribadi maupun kategorial yang mau terlibat dalam kegiatan PPIKTN kami menunggu kehadirannya di gereja Caritas

Kami mengucapkan: “Happy Birthday yang ke 75 tahun Paroki Pandu, semoga semakin tumbuh, berkembang dan berbuah dalam iman, doa dan pelayanan…Amin”

(Crispianus.K)