Baptis Dewasa

Berdasarkan Buku Pedoman Sakramen & Sakramentali Keuskupan Bandung (2018), seseorang yang merindukan pembaptisan secara Katolik saat sudah mampu menggunakan akal budinya atau saat sudah dalam usia dewasa, pada umumnya harus dipersiapkan dengan masa katekumenat. Katekumen mempersiapkan diri dengan mendapat pelajaran agama sekitar 50 jam dalam waktu satu tahun atau sekurang-kurangnya 3 bulan.

Ada empat tahap yang harus diikuti oleh seorang katekumen, yakni:

  1. Tahap Pra-katekumenat yakni kesempatan untuk menjernihkan motivasi bagi para simpatisan.
  2. Tahap Katekumenat yakni kesempatan pembinaan bagi para katekumen untuk semakin mendalami wawasan iman/ajaran dan spiritualitas Kristiani.
  3. Tahap Penyucian/Penerangan yakni kesempatan untuk merefleksikan panggilan dan pilihannya sebelum menerima sakramen Inisiasi.
  4. Tahap Mistagogi yakni kesempatan untuk pendalaman iman lanjut setelah penerimaan sakramen inisiasi, latihan menanamkan nilai-nilai iman Kristiani dan mengintegrasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sekurang-kurangnya disiapkan 4 kali pertemuan (Bunda Maria, Hidup Kekal dan Ekaristi).

Paroki Pandu memberikan kesempatan bagi para simpatisan Katolik untuk mengikuti masa katekumenat dengan melengkapi pendaftaran dengan mengisi formulir sebagai berikut.

Contoh Formulir Baptis Dewasa (silakan download pdf di bawah ini)

Keterangan

  • Formulir (format pdf) dapat diunduh melalui tautan berikut ini: Formulir Baptis Dewasa.
  • Setelah dicetak dan diisi lengkap, form dapat dikembalikan kepada Sekretariat Paroki Pandu atau melalui email: parokipandu@gmail.com (scan hasil isian).
  • Perhatikan jadwal/tanggal pasti untuk pelaksanaan masa katekumenat melalui pengumuman atau kalender kegiatan atau hubungi Sekretariat Paroki.