Fokus Pastoral

Fokus Pastoral 2019 adalah:

Kaum Muda, Menghidupi Iman Katolik Dalam Keluarga

Kata Pengantar dari Buku Program Pelayanan 2019 dari Pst. Yoyo Yohakim, OSC.:

Fokus pastoral tahun keluarga sudah berakhir. Pada waktu misa penutupan fokus pastoral tahun keluarga di Katedral, Sabtu, 29 Desember 2018, Bapak Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunyamin, OSC. mengumumkan fokus pastoral yang baru, yaitu Orang Muda Katolik Berbagi Sukacita, Beriman, Mengubah Dunia. Dalam misa tersebut diadakan juga pelantikan beberapa orang yang akan menjadi panitia fokus pastoral Keuskupan Bandung. Supaya masih ada kesinambungan dengan fokus pastoral sebelumnya, maka untuk dua tahun ke depan (2019-2020), fokus pastoral mengambil tema Orang Muda Katolik dalam Keluarga.

Keadaan Paroki Pandu merupakan paroki yang unik. Warga paroki hampir sebagian besar masuk kategori usia setengah baya ke atas. Di Paroki Pandu tidak ada developer perumahan. Biasanya kalau ada developer perumahan banyak keluarga muda atau anak-anak muda yang masuk ke paroki tersebut. Namun demikian, banyak anak-anak muda yang tidak aktif di paroki asalnya, tetapi mereka aktif di Paroki Pandu. Kami menyambut mereka dan memfasilitasi mereka untuk yang mau terlibat dalam pelayanan. Sebagai contoh di Pandu ada TM3 (Tim Misa Muda Mudi). Setiap minggu pertama di misa pkl. 09.15, mereka membawakan lagu-lagu diiringi musik band gaya orang muda. Orang-orang muda yang tergabung dalam TM3 adalah mereka yang berasal dari berbagai paroki. Demikian juga setiap minggu ke-5 senantiasa diadakan misa untuk anak-anak. Anak-anak yang hadir adalah dari berbagai paroki di Kota Bandung karena di paroki-paroki lainnya belum tentu ada misa khusus untuk anak-anak. Tahun lalu, 2018, Paroki Pandu mengadakan KEP Orang Muda. Pesertanya anak-anak muda dari berbagai paroki. Mereka mengikuti KEP dari awal sampai program selesai. Demikian sebagai gambaran, walaupun keberadaan OMK di Paroki Pandu sangat sedikit, tetapi Pandu terbuka terhadap anak-anak muda Katolik yang berasal dari paroki lain, yang mau terlibat di Paroki Pandu.

Tahun 2019 merupakan tahun pertama untuk fokus pastoral yang baru. Untuk tahun pertama ini, Paroki Pandu belum banyak menyentuh program yang berkaitan dengan OMK. Untuk tahun ini, Paroki Pandu memang sudah merencanakan beberapa kegiatan berkaitan dengan OMK. Dalam tahun pertama ini, Pandu lebih banyak akan mengikuti bahan-bahan dari Panitia Fokus Pastoral dari Keuskupan Bandung.

Di Paroki Pandu sekarang ini sudah banyak sekali umat yang mengikuti misa di  luar gereja (halaman), karena tempat duduk di dalam gereja tidak mencukupi. Sedang dipikirkan untuk penambahan jadwal misa. Sekaligus juga karena siang hari udara semakin panas, maka keadaan di dalam gereja tidak nyaman. Oleh karena itu, tahun ini akan diusahakan pemasangan AC di dalam gereja, supaya umat dapat mengikuti misa dengan khidmat dan nyaman. Semoga buku program ini menjadi panduan kita bersama dalam menjalankan pelayanan yang sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang dipercayakan kepada kita semua.

Tuhan memberkati kita semua.

Salam dan doa
Pst. Paulus Yoyo Yohakim, OSC.
Pastor Paroki