Fokus Pastoral

Fokus Pastoral 2019-2020 adalah:

2019: Kaum Muda, Menghidupi Iman Katolik dalam Keluarga

2020: Bersama Keluarga Terlibat dalam Gereja

Kata Pengantar dalam Buku Program Pelayanan 2020 oleh Pst. Yoyo Yohakim, OSC. (Pastor Paroki 2017-2020):

Tahun 2020 adalah tahun ke-3 masa kepengurusan DPP 2017-2020. Di tahun terakhir masa kepengurusan ini, program-program diarahkan kepada pelatihan dan pembinaan para pengurus lama dan perekrutan calon-calon pengurus DPP yang baru. Oleh karena itu, program besar tahun ini adalah pemilihan pengurus DPP, pengurus lingkungan dan asisten imam.

Sesuai dengan arah fokus pastoral Keuskupan Bandung, Paroki Pandu memberi perhatian yang besar kepada kaum muda dengan kegiatan-kegiatan yang berusaha menyapa kaum muda dan memberi kesempatan kepada kaum muda untuk mengambil peran dalam kepengurusan DPP yang baru. Sebagai langkah awal untuk mengetahui keberadaan kaum muda yang ada di Paroki Pandu, maka paroki pada tahun ini berusaha mengadakan survey kaum muda. Untuk pembinaan bersama, paroki bekerja sama dengan paroki-paroki yang ada di Dekanat Bandung Barat akan mengadakan KEP untuk kaum muda. Dengan kegiatan ini, diharapkan akan muncul para penggerak kaum muda di paroki. Program-program lain untuk kaum muda diserahkan pada kreativitas mereka seperti yang dicantumkan di buku program kerja.

Untuk pemeliharaan dan pembinaan keluarga, paroki berusaha untuk menjalankan pastoral keluarga berjenjang. Karena itu, tahun ini diharapkan terbentuk wadah Keluarga Muda (Keluda) dan Medior. Pastoral lansia berkembang dengan baik. KPP model baru diharapkan mulai dijalankan di Paroki Pandu tahun ini.

Paroki pada tahun ini juga berusaha untuk menyiapkan para pengajar dan pendamping untuk pelayanan sakramen, pengajar Katekumen, Guru BIA, BIL dan BIR, pendamping komuni pertama dan pendampingan pewarta lingkungan.

Mulai tahun ada ada penambahan jadwal misa. Itu berarti adanya kebutuhan untuk menambah para petugas liturgi dan paduan suara. Untuk PSE perlu ada evaluasi sejauh mana beasiswa dan bantuan-bantuan lainnya sampai pada sasaran.

Akhirnya, saya mengucapkan banyak terima kasih atas keterlibatan kita semua dalam hidup menggereja guna menghadirkan Kerajaan Allah melalui pelayanan yang dapat kita lakukan. Tuhan memberkati.

Salam dan doa
Pst. Paulus Yoyo Yohakim, OSC.
Pastor Paroki (September 2017-Agustus 2020)